Huruf Katakana dan Cara Penulisannya

Berikut ini adalah daftar semua huruf katakana jepang beserta cara penulisannya. Urut-urutan garis penulisan sangat mempengaruhi keindahan dari huruf yang akan ditulis, 😋 kalau tidak percaya coba saja tulis dengan urutan sembarangan pasti hasilnya jelek. Point penting yang dibahas dalam artikel ini adalah cara penulisannya, bagaimana katakana ini digunakan, fungsi dan lain sebagainya akan dibahas di artikel selanjutnya: Belajar Katakana.

Seperti pada versi hiragana, disini juga ada lagi dua huruf katakana yang ketinggalan, yaitu Wi () dan We (). Untuk penampakannya bisa dilihat sebagai berikut dibawah ini:

Kedua karakter katakana tersebut termasuk karakter kuno dan saat ini jarang penggunaanya dalam konteks sehari-hari. Dan semenjak tahun 1946an dianggap sudah tidak jaman, sehingga tidak disarankan untuk digunakan, kecuali ada tujuan tertentu. Jadi apabila ingin menulis WI dengan huruf katakana, maka cara penulisannya adalah: ウィ(U dan I dilekatkan satu sama lain), sedangkan apabila ingin menulis WE dengan huruf hiragana: ウェ(U dan E dilekatkan satu sama lain). Namun perlu diperhatikan, huruf kedua yang menjadi embel-embel ukurannya agak dikecilkan.

Misalkan “Microsoft Windows”, ditulis: マイクロソフト・ウィンドウズ

Sekian dulu artikel ini saya tutup 😀 semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan. Apabila ada kritik dan saran, bisa dilayangkan lewat subforum berikut ini.


Tinggalkan Balasan