Huruf Kanji Untuk Pemula


Chinese Character atau Aksara Han atau Aksara Tionghoa adalah sistem penulisan yang berasal dari Cina. Di dalam Bahasa Mandarin (dan juga bahasa inggris) aksara ini disebut sebagai Hànzì. Hànzì kemudian diadopsi sebagai sistem penulisan dalam berbagai bahasa-bahasa lain, seperti
Meskipun penggunaannya dalam beberapa bahasa tersebut telah digantikan dengan karakter yang lain (Mis. hangul, pada bahasa korea). Hànzì tetap merupakan sistem penulisan tertua didunia yang masih digunakan sampai saat ini. Hànzì sendiri saat ini memiliki dua versi yaitu
[​IMG]
Hitam: Traditional | Merah: Simplified

  1. Simplified, atau versi yang telah disederhanakan. Yang pada umumnya digunakan pada Mainland China.
  2. Tradisional, yang digunakan di Taiwan, HongKong, Macau.

Huruf Kanji

Pada artikel ini yang saya bahas hanya Karakter Cina yang dibawa ke Jepang saja, yaitu Kanji. Sebelumnya, Jepang belum memiliki sistem penulisannya sendiri, bahasanya masih sebagai bahasa lisan saja, baru pada abad ke-4 atau ke-5 sistem penulisan Cina beserta kebudayaannya baru datang ke Jepang. Karakter-karakter Cina yang dibawa kemudian diadopsi untuk mewakili bahasa lisan tersebut.

Apabila ingin mulai dalam mempelajari Kanji, lebih baik bila melupakan sementara sistem penulisan yang sudah kita kenal, yaitu Alphabet yang mana setiap huruf mewakili unit suara. Sedangkan Kanji adalah Logogram, yang diwakili adalah Konsep/Makna/Arti jadi tidak terikat oleh suara dalam pengucapannya.

Oleh karena Kanji mewakili Makna, jadi meskipun di Taiwan, Hongkong, dsb, yang berbentuk seperti 山 itu pasti artinya sama, yaitu Gunung. Hanya saja cara bacanya mungkin beda.


[​IMG]
artinya "Matahari/Hari"


[​IMG]
artinya "Gunung"


[​IMG]
artinya "Gajah"



Ada berapa banyak kah Kanji? Yang tercatat adalah sebanyak 50305 Karakter, ya, lima puluh ribu karakter berdasarkan Dai Kan-Wa Jiten. :p Namun tidak perlu khawatir karena yang diperlukan hanya sekitar 2000 saja, yang sering disebut sebagai Jōyō Kanji.

Secara garis besar, Kanji memiliki dua cara baca yaitu Onyomi(音読み) dan Kunyomi(訓読み)

Onyomi - Cara Baca Cina (Chinese Reading)

Karena Kanji datangnya dari Cina, banyak pengucapannya ikut terbawa. 音読み(おんよみ)Onyomi adalah cara baca dari Cina asli tersebut. Eits, tunggu dulu, tentu saja Orang Cina dan Orang Jepang memiliki fonologinya masing-masing, jadi tidak mungkin bisa sepenuhnya terdengar sama. Jadi Cara Baca Cina yang dimaksudkan disini adalah cara baca yang kira-kira paling dekat dengan cara baca dari Cina menurut telinga orang Jepang. Misalkan, 無理 apabila dibaca menurut Bahasa Mandarin adalah "Wúlǐ", namun bila dibaca secara Onyomi menjadi "Muri".

Kunyomi - Cara Baca Jepang (Japanese Reading)

Cara baca selanjutnya adalah Kunyomi 訓読み(くんよみ)。Adalah cara baca Jepang. Jauh sebelum Kanji datang, Jepang sudah memiliki bahasa sendiri hanya saja sebatas Bahasa Lisan. Kata-kata jepang asli yang sudah ada tersebut kemudian diasosiasikan dan dilekatkan kepada Kanji tersebut. Masih bingung? Langsung saja contohnya.

Bahasa Jepangnya "air" adalah "mizu", kata asli yang sudah ada jauh sebelum Kanji datang. Sedangkan Bahasa Mandarinnya "air" adalah yang dibaca sebagai "Shuǐ". Nah ketika karakter tersebut di Import ke Jepang, Bahasa Jepangnya "air" lantas tidak hilang, tetapi tetap sama yaitu "mizu" hanya saja penulisannya kemudian diasosiasikan dengan karakter tersebut.

Untuk saat ini apabila masih remang-remang mengenai Onyomi-Kunyomi tidak masalah, lanjutkan saja belajarnya :p nanti juga akan mudeng sendiri.

Bagaimanakah Cara Membedakan Bacaan Onyomi dan Kunyomi?

Karena Kanji itu memiliki banyak cara bacanya, pertanyaan yang sering keluar adalah, bagaimana kita tahu kapan pakai cara baca Onyomi, dan kapan pakai Kunyomi?
  • Apabila huruf Kanji tersebut berdiri sendirian, biasanya dibaca menggunakan Kunyomi
  • Apabila huruf Kanji tersebut tidak sendirian, disampingnya ada huruf Kanji lainnya, biasanya dibaca menggunakan Onyomi
  • ^Kecuali pada Nama.
Disini saya bilang biasanya, karena yang namanya Bahasa, tentu saja banyak sekali perkecualian-perkecualian. Learning by doing saja :)

Contoh Kalimat:
それはです。
sore wa mizu desu.
itu adalah air.

それはです。
sore wa suidou desu.
itu adalah perairan.

彼はさんです。
kare wa Aomizu-san desu.
dia adalah Aomizu.

KanjiArti
Gunung
Sungai
Sawah
Pohon
Hutan
Kekuatan
Laki-laki
Perempuan
Matahari/Hari
Orang
Tangan
Telinga
Mata
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
Nah semoga dengan artikel ini bisa sedikit membantu dalam memahami Kanji. Banyak yang sengaja tidak saya cantumkan (Misal, Cara Baca Spesial / Gikun (義訓), dsb) disini, supaya sederhana dan mudah. Untuk topik lebih lanjut, akan saya bahas di artikel lain.

Kanji butuh waktu dalam mempelajarinya, dan tidak bisa dihafal semalaman saja :p jadi jangan coba-coba di SKS karena nanti akan pusing sendiri. Mulai dengan mempelajari Jōyō Kanji - Kelas 1, kemudian Jōyō Kanji - Kelas 2, dsb. Apabila ingin melihat daftar lengkap Jōyō Kanji bisa dilihat pada halaman berikut http://jepang.org/daftarkanji.php

Rate This Article:
/5,