Jepang    // info tentang JEPANG
 Jepang.org    Forum     Ngobrol Yuk!     Contact Us   
20095 › Mengapa animasi Jepang populer?

Mengapa animasi Jepang populer?

Contoh gambar animasi jepang / anime

Jika usia Anda di bawah 30 tahun, pasti Anda sudah familiar dengan yang satu ini. Ya, kartun animasi yang berasal dari Jepang ini memang digandrungi kalangan muda. Nama lainnya adalah anime.

(anime = film kartun Jepang; manga = komik Jepang)

Animasi Jepang memang lebih akrab dikenal dengan nama anime di Indonesia. Oleh karena itu saya akan menggunakan istilah anime untuk mengacu kepada benda ini. Apa sih yang menyebabkan popularitas anime di Indonesia, bahkan di seluruh dunia?

Anime memang baru sepuluh tahun terakhir ini berkembang di tanah air. Tahun 90-an awal, anime belum begitu dikenal. Pada akhir tahun 90-an barulah anime mulai dikenal umum, ditandai dengan menjamurnya majalah-majalah anime seperti Ultima dan Animonster. Booming-nya anime pada waktu itu dimulai dengan serial Neon Genesis Evangelion. (Saya ingat, waktu itu saya bela-belain beli semua VCD Eva di Mal Taman Anggrek. Mahal pula. Tapi waktu itu saya suka sekali dengan serial ini.)

Sekarang, perkembangan anime lebih mengarah ke online. Dengan semakin berkembangnya internet, pasokan anime semakin mudah didapat. Apalagi dengan adanya Youtube dan berbagai situs video online sebagai sarana berbagi oleh para fans, atau dikenal juga dengan nama otaku. Komunitas anime juga tertampung dalam wadah forum komunitas anime online.

Nah sekarang, coba kita lihat, mengapa anime bisa populer di seluruh dunia? Saya pribadi beranggapan ada tiga faktor utama dan satu faktor tambahan. Berikut akan saya coba jelaskan.

Tiga faktor utama

Yang pertama tentu saja aspek cerita. Dunia anime adalah dunia khayalan, dunia fantasi. Tidak butuh manusia/orang asli untuk memerankan. Tidak perlu tempat yang nyata untuk shooting (semua proses terjadi di studio). Oleh karena itu, alur cerita dalam anime menjadi lebih bebas dan liar. Apapun bisa terjadi dan batasnya adalah imajinasi sang pembuat. Ada berbagai jenis anime, dari yang berjenis slapstick (komedi ringan) sampai yang ceritanya berat. Pokoknya, penonton akan dimanjakan dengan banyaknya pilihan dan kemungkinan cerita yang ada.

Faktor kedua adalah aspek gambar. Memang ada berbagai jenis anime, tetapi pada umumnya karakter dalam anime digambarkan secara menarik sekali. Mata besar, hidung dan mulut kecil serta rambut warna-warni merupakan hal yang tipikal (walaupun tidak semua penggambaran tokoh anime seperti itu). Kembali lagi, hal ini disebabkan oleh bebasnya media yang digunakan. Tidak perlu ada orang asli yang memerankan, sehingga karakter anime bisa digambarkan sesuka hati).

Faktor ketiga, yaitu musik. Aspek ini memegang peranan sangat besar dalam membentuk suasana hati penonton. Anda masih ingat lagu opening Neon Genesis Evangelion? Yang judulnya Cruel Angel's Thesis. (Coba cari di Youtube jika tidak tahu.) Wah, beberapa tahun lalu, saya selalu mengulang-ulang lagu ini. Rasanya gimanaaa.... gitu. Saya yakin Anda juga pernah mengalami perasaan yang sama. Memang hal seperti ini harus dirasakan untuk bisa tahu.

Satu faktor tambahan

Komunitas. Walaupun ini bukan faktor inti, justru komunitaslah yang membuat anime berkembang di Indonesia. Komunitas anime berfungsi sebagai promotor dan mereka mengenalkan anime kepada lingkungan sekitar. Dengan adanya komunitas, para fans anime memiliki sense of belonging, sense that we are not alone. Harus diakui bahwa terkadang orang yang suka anime dicap dengan istilah "aneh", "nerd", atau istilah-istilah seperti itu. Hal ini semata-mata karena masyarakat belum terbiasa. Padahal di Jepang anime itu sudah sangat umum sekali.

Yah, semoga saja anime bisa semakin berkembang. Daripada film setan di bioskop-bioskop kita... jauh lebih baik kalau diisi dengan anime. Betul? ^_^

 


Artikel ini ditulis oleh Yohanes Aristianto

 

Share on Facebook Share on Twitter
Permalink: http://jepang.org/2009/5/mengapa-animasi-jepang-populer.html


Ada 346 komentar. Anda juga ingin berkomentar?

thjerray % Jumat, 5 Juni 2009 | 09:13 WIB
film jepang lbih bagus dan mengasyikan film2nya jg seru dari pd film barat
kartun
ANNISA.FIARDILLAH Sabtu, 29 Agustus 2009 | 13:20 WIB
Q dari dulu cuka cama animasi jepang,,,,,
jadi keren dech,,,,,,     
ANNISA.FIARDILLAH Sabtu, 29 Agustus 2009 | 13:35 WIB
LOVE YOU........................ 
muhamad Rabu, 2 September 2009 | 13:38 WIB
Q......suka animasi jepang apalagi yg sexy   
mega aristanti Kamis, 10 September 2009 | 12:24 WIB
aku suka banget sm animasi jepang...smua film   animasinya g ada yg aku
lewatkan....     
lintang Senin, 14 September 2009 | 11:56 WIB
aku suka banget sama animasi jepang soalnya bagus2 sih.   
chika @ Rabu, 23 September 2009 | 09:23 WIB
q sukaaa........... bgt yg nmnya karton jepang selain ceritanya bgs n lucu
gambarnya jg asyik bgt!   
AURA @ Sabtu, 26 September 2009 | 16:22 WIB
Q Sukaaaaaaaa bangets sama animasi dan karton jepang sayang indonesia belum ada
kemajuan 
inggar Minggu, 27 September 2009 | 11:05 WIB
animasi jepang emng bagus banget apalagi cartoonnya antara pembicaraan dan gerak
mulut serasi bgt     
kirie_chan Minggu, 27 September 2009 | 11:32 WIB
mecha-mecha suka da anime..,

ashiteru..!!

   

ayo..
para otaku..!!

lestarikan budaya anime..,

  

 
regiE Minggu, 27 September 2009 | 17:37 WIB
aku suka!!!!!!!!!!! luTchu2 lg
cacha Senin, 28 September 2009 | 12:34 WIB
   



asik asikk... .
tami α Rabu, 30 September 2009 | 09:31 WIB
I LIKE IT...kerennnnn
dynastiti_gezza ω Rabu, 30 September 2009 | 13:04 WIB
wuiiiiiiiiiii........................ komik jepang????!!!!!    
ANTON @ Kamis, 1 Oktober 2009 | 15:00 WIB
AH GAK TERLALU KEREN....BASI TAUXXX
ANTON Kamis, 1 Oktober 2009 | 15:02 WIB
KARTUN JEPANG THEBEST..
Desty Kamis, 1 Oktober 2009 | 17:42 WIB
i love anime jepang..

            

lestarikan anime jepang..
Hunafa Jumat, 2 Oktober 2009 | 19:48 WIB
Aisiteru anime Jepang....
  
waktu kecil q suka banget ana anime jepang sampai sekarang. 
aNoy_chan Sabtu, 3 Oktober 2009 | 13:48 WIB
iiiiyyyyy keyeNNNNNN bGTTT  T siCh gMbarnx imoet cmua !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    
oputz @ Minggu, 4 Oktober 2009 | 19:08 WIB
ich manga lucu2 yua.......  
   jangan keabisan ide ya....... 
dammmmmmmee @ Minggu, 4 Oktober 2009 | 19:12 WIB
tmn.......2 guaa lg nyarrri kmik sweet lolipop yang ke 3 niph bizzzzzz aaaaaaaa
toehhh kmik krennd bbbgtttttt      smoga  gua dpt tooooooooehh
kmikk........ 
uci ω Kamis, 8 Oktober 2009 | 20:57 WIB
ucul2...   

jd pengen bs gambar kyk gt...  
auR4 @ Sabtu, 10 Oktober 2009 | 15:57 WIB
WATASHI AISURU ANIME JAPAN
I LOVE U FULL              
icha.... Minggu, 11 Oktober 2009 | 10:09 WIB
bagus dan memberi manfaat.....     
mayrin % Senin, 12 Oktober 2009 | 15:58 WIB
lucu n menarik
alpina $ Senin, 12 Oktober 2009 | 16:05 WIB
aduh lbih baxack lghie dunk gambar nya cozz..q lghE ngleksi niehhh.... 
javascript:       
ECHA Senin, 19 Oktober 2009 | 12:33 WIB
klo bsa dtambahin lgie dunk.. pokoknya top bgtzzz...
ECHA Senin, 19 Oktober 2009 | 12:40 WIB
   please.. kcih yang buanyak lagi dunk gambarnya 
asRiiy_39 % Selasa, 20 Oktober 2009 | 18:33 WIB
sy mang sngat sneng ma yg nma.y kartun jpang apalge kmik.y............
sruuuuuu....

sy jga brcita'' agr bsa mmbwt kmik jpang....... skrg sy lge les gmbr mmbwt kmik
jpang........ smuanya doa'in sy yach........
nurchayati chy @ Rabu, 21 Oktober 2009 | 13:27 WIB
lucu..lucu y...
annesa shahnaz Minggu, 25 Oktober 2009 | 11:18 WIB
jepang tuch,,,gambarnya uchul2,,
Erni Minggu, 25 Oktober 2009 | 14:47 WIB
LutHu2 bgt,tw gk...
Yg gk sru i2 ps ciuman...
Rii^iii Senin, 26 Oktober 2009 | 12:49 WIB
aiii loph anime jepang..
lucu pisan lah pko'y mah..
  
  
   
detti Rabu, 28 Oktober 2009 | 13:12 WIB
wah....ini lucu buanget !!!!!!!!!!!!!dah ah bye..bye....
dti gtu lhoh....si jelek Rabu, 28 Oktober 2009 | 13:17 WIB
sekarang aku berdiri disini saya akan mengomentari tentang gambar ini gambar ini
bagus tapi ada yang kurang,yang kurangnya adalah kenapa harus bertiga dan kenapa
tidak berempe???/ayao kenapa jawb dong......??????????    tolong donk
jawab......
mayumi ω Rabu, 28 Oktober 2009 | 13:32 WIB
aduh  aku paling suka ama yang namanya anime  jepang emank
keren abis  beda sama indonesia,, bukannya aku ngejelekkin negara
sendiri,,,tapi indonesia emank belum bisa menandingi kecanggihan jepang 
pokoknya jempol deh!!!  penggambaran manganya juga bagus banget,,, 
ceritanya juga banyak yang luchu,,,yang bikin aku ketawa ngakak  semoga
indonesia bisa menghasilkan yang lebih bagus dari jepang   
Ni_eAr @ Rabu, 28 Oktober 2009 | 14:17 WIB
wuduh....maw manga or anime cmuax bagus dech!!!pa lagi ma sweet lollipop keren
abizzz....(aq gi nyari seri returnx nich...help me!!!       
tere @ Sabtu, 31 Oktober 2009 | 20:43 WIB
apa cii ...
nisa caca ¢ Selasa, 3 November 2009 | 10:01 WIB
ich,,,,,q suka bgt ma yg nm'a animasi jepang n karna cerita'a lucu
abiez......coz gambar'a jg lucu,keren pokok'a mantep dech......maju trus y wat
pabrik'' Yang menerbitkan animasi ni...go t  ruszzzzzzz   
     
Aurora Rabu, 4 November 2009 | 20:12 WIB
iiiiiich... Lucu lucu animasi Jepang.....        
      
kizuka imra @ Sabtu, 7 November 2009 | 10:59 WIB
Woyyyyyyyyyyy   Coyyyyyyyyyyyy    animasi jepang tu top buanggettt
dech, coalnya ceritany lucu" jd kpngen ktwa tyuz.......       
 
Ay0oo ciptain inspirasi tuk bwt yg ru lg....       
ayuka immra @ Sabtu, 7 November 2009 | 11:04 WIB
ih????krn abis deh anima jgng????????
tata izuma @ Sabtu, 7 November 2009 | 11:07 WIB
gue sk bunget ma anima jpng????????        
  
ningrum wahyuningsih Minggu, 8 November 2009 | 11:26 WIB
aku suka banget sm anime jepang.kapan ya indonesia buat anine?????
ningrum wahyuningsih Minggu, 8 November 2009 | 11:27 WIB
aku suka banget sm anime jepang.kapan ya indonesia buat anine????? aku berharap
indonesia bisa buat anime!!!!!   
ningrum wahyuningsih Minggu, 8 November 2009 | 11:28 WIB
aku suka banget sm anime jepang.kapan ya indonesia buat anine????? aku berharap
indonesia bisa buat anime!!!!!       
desi rahmawati @ Selasa, 10 November 2009 | 18:06 WIB
keren bgt....!!@@@#@!              
    
Raisaputri ω Kamis, 12 November 2009 | 18:08 WIB
duuhh kapan ya???????indonesia buat gambar animasi lucuuu
siva Jumat, 13 November 2009 | 10:24 WIB
ouuuuught lutuna 
xexexexe
isna Sabtu, 14 November 2009 | 14:31 WIB
gambar nyos imooet bgt dech pas ma alamat emailQ
Q suka bgt dech ma gambar ni
fafa ¥ Senin, 16 November 2009 | 13:33 WIB
MemAnGk,, KarTuNn JePangK LoUCuEe". . . .  
sakurako @ Sabtu, 28 November 2009 | 15:34 WIB
uuuwaaaaaaa.............         
I LOVE ANIME
ARISU @ Sabtu, 28 November 2009 | 15:37 WIB
PIISSS..... LOVE BANGET DECH
yurika ΠRabu, 2 Desember 2009 | 11:07 WIB
  suka bgt....
ms Rabu, 2 Desember 2009 | 14:25 WIB
pengen bngt deh bs ke jepang n bljr buat animasi jepang selucu animasi
ini.............
riena Rabu, 2 Desember 2009 | 16:46 WIB
sukaaaa bgt ma animasi jepang top deh
imouetz... Kamis, 3 Desember 2009 | 11:15 WIB
WWWUUUIIHHH....... lucunya

so, C'yo Anime jepang     
ayu purnama Kamis, 3 Desember 2009 | 11:19 WIB
Jangan pernah benci ama anime yach OCE!!!!!!!!!

     
RHIECKACH λ Kamis, 3 Desember 2009 | 11:23 WIB
WHUOOOOOOOYYYYYYYYYYHHH..........
NGIKUT KMENTAR EACH....      
Q JGA CKA BWGTZ NEUYH AM ANIME.........     
anak keren ΠJumat, 4 Desember 2009 | 15:54 WIB
saya suka banget dengan komik jepanggggggggggggg
hachiuh β Jumat, 4 Desember 2009 | 15:58 WIB
suka   banget   dengan   komik   jepang
mer2 Sabtu, 5 Desember 2009 | 22:49 WIB
i love you so muchhhhhh,anime!  
wish you stand forever with us,  
althrought iam not in indonesia now but i always   want to see
indonesian anime,when indonesia make anime???? 
masni ® Senin, 7 Desember 2009 | 10:19 WIB
kerennnnnnnnnnnnnnn 
abiz deccccccch
achsani indrianti Selasa, 8 Desember 2009 | 14:55 WIB
huy ,lleh gbung gx ?! 
tulung 
sakur @ Rabu, 9 Desember 2009 | 17:18 WIB
karton jepang oke juga
mundi Þ Kamis, 10 Desember 2009 | 12:52 WIB
aku suka bgt utk animasi shbt
mundi Þ Kamis, 10 Desember 2009 | 12:53 WIB
bagus bgt        
iffah Ω Kamis, 10 Desember 2009 | 15:55 WIB
aku suka banget sama yg nama nya kartun.... apa lagi kartun yg lucu2 tapi nemang
kartun jepang qut abizz... aku jadi mau milih kartun jepang terus.... kalo bisa
tambahin dong gambar nya biar bisa koleksjavascript:i banyak di fb ku  
    
okta Senin, 14 Desember 2009 | 16:43 WIB
G SENENG BNGT SM CRT JEPANG   

SAMPE-SAMPE GUA BACA NYA KETIDURAN   
DESYA ω Senin, 14 Desember 2009 | 16:45 WIB
I LOVE     YOU FULL JEPANG
rini Selasa, 15 Desember 2009 | 13:07 WIB
 lucchu bgt cy gambar" x
lina Selasa, 15 Desember 2009 | 23:35 WIB
uhuyyyy... cuakep na               
  wow.......
lina ϒ Selasa, 15 Desember 2009 | 23:39 WIB
hehehehe..........              uhuy...
         
waduh,...               
maliiiing....
fe ® Kamis, 17 Desember 2009 | 13:06 WIB
imUetz gtCue
tri bawi suryani Kamis, 17 Desember 2009 | 20:35 WIB
I LIKE TO ANIME, MOGAH2 GUE BISA MEJANDI SALAH SATU DARI PEMBUAT ANIME.TAPI
BUKAN JADI ANIME JEPANG DECH!!!!!,YAH JADI ANIME INDO DONG!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
tri bawi suryani Kamis, 17 Desember 2009 | 20:42 WIB
I LIKE TO ANIME,  
MOGAH-MOGAH GUE JADI SALAH SATU PEMBUAT ANIME YA,  
TAPI,  NANTI JADI  ANIME INDO DONG!!!!!!!
GAK PAPA DECH KAN LEBIH BAIK.SO INDO JADI TERKENAL DONG!!!!!!  

    "AMIN" 
sandr@ Senin, 21 Desember 2009 | 07:43 WIB
duch catikxxxxxxxxx aku pengen kayak mrk sayang mereka kartun ya....
chindy % Rabu, 23 Desember 2009 | 21:38 WIB
animasi Jepang mank OKe dahh.......     
dwi Selasa, 29 Desember 2009 | 13:18 WIB
watashi wa manga suki    
NoeroeL Senin, 4 Januari 2010 | 17:47 WIB
q sk bgt animasi jpang pk srgam skolah gt...
naf θ Selasa, 5 Januari 2010 | 14:21 WIB
animasi jepang keren banget....          
    
Shint@ Selasa, 5 Januari 2010 | 14:30 WIB
@nimasi nya keren abieZz.....    
ajarin donk ....     pliisss....
cool abiezZ...   
moga aqw  bisa bikin animasi jepang yg kerennn abieZz ....        
amieNnnn.........
tya ¥ Minggu, 10 Januari 2010 | 15:02 WIB
kartun jepangnya lucu......, kadang qu suka buat gambar kartun ndri....di buku
gambar. Y,wlwpun ga sebagus pembuat kartun jepang aslinya,g apa2 kn  
namanya USAHA....wkwkwkw....
mesya £ Kamis, 14 Januari 2010 | 12:12 WIB
ea.... jd k"iNget aDik ku ne....
RONARONI α Kamis, 14 Januari 2010 | 13:33 WIB
qu dari dulu cuka banget anime japan
gambar na lebh hdp......
cerita na jg mengasyikkan..........
luv u.............
maaaah........maaaah......... maaaaaaaaaaaah..............!!!!!
RONARONI α Kamis, 14 Januari 2010 | 13:35 WIB
jajavascript:vjavajavascript:script:ajavascript:sjavascript:cript:javascript:jav
ascript:  
..................tak dpt berkata2.........................
(kagum bgt)
syifa siti fauziah @ Kamis, 14 Januari 2010 | 19:25 WIB
gue ngfans ma anime
hyosino euge @ Jumat, 15 Januari 2010 | 15:23 WIB
komik japan lucu abisss                    
   lalu pokokmya keren abis SEMUAAAA   LUCU LUCU       
BIKIN TERHARU             
BERJUANG TERUS YA            JANGAN SAMPE KALAH      
  
POKOKNYA  I LOVE MANGA JEPANGGGGG
nau_miyu Minggu, 17 Januari 2010 | 17:31 WIB
seruuuuuuuuu buanget         
annisa Minggu, 24 Januari 2010 | 19:00 WIB
ih gambar nya ada yang baru ga sih bosan amat
vina Minggu, 24 Januari 2010 | 19:04 WIB
ih gambarnya bagus banget sampai-sampai bikin pusing
ha........ha...ha....................................
heppy emang tessa ω Rabu, 27 Januari 2010 | 07:16 WIB
kartoon jep4ng.........
ker3n-k3ren ,,,,,,  
apalagi3 sam4 kartoon yg luchu 2,,,,,,, 
MerekamemanggilQHIKARI @ Kamis, 28 Januari 2010 | 11:12 WIB
Anime atw ma.nga jepang bnr2 uniq,beda ma kartun eropa or amerika...slain
itu,ciri khas jepang g ketingalan...itu sebabnya q ska ma anime/manga....
Minato Namikaze ¥ Selasa, 9 Februari 2010 | 15:45 WIB
watashi very very very like manga and anime.........
naruto, one, piece, eureka 7, eyeshield 21, inuyasha, and all...................
  
dessy Minggu, 7 Maret 2010 | 13:56 WIB
ya iyalah populer....

pokoknya I love Japanis
Daniel.o χ Senin, 12 April 2010 | 16:12 WIB
 Kartun jepang lucu2 & imut2  kelihatan nyata  love2
 louph you 
alma.effendi @ Senin, 12 April 2010 | 19:40 WIB
hahaha....lucu gambar'a   
deE_(v,v) Kamis, 6 Mei 2010 | 15:41 WIB
aqu juga pecinta animE dari Jepang,, selain gambarnya yang lucu   n
menarik   trus juga ceritanya variativ  , alias jarang foto paste 
 ,, 

  
dea "bukan" dhea Minggu, 9 Mei 2010 | 10:26 WIB
luuuuuuuuuuuuucccccccccccuuuuuuuuuuuu.................
lebih kreatiffffffffffffffff.........................
dea "bukan" dhea Minggu, 9 Mei 2010 | 10:28 WIB
               
 
kreatiffffff................................
sani Minggu, 30 Mei 2010 | 11:44 WIB
imuuuuuuuuuuuuuuuuuuut2 bgt dech animasi jepang   
clara @ Minggu, 6 Juni 2010 | 20:22 WIB
Abis'a lucu sich
wqwqwq
mayumi itsuya Þ Senin, 5 Juli 2010 | 19:07 WIB
yuppppsss... anime jepang emank g ada matinya  

tapi,,,, kpan yaa indonesia bikin anime dari komik buatan anak bangsa. padahal
komik buatan kita khan g kalah ama komik jepang,,,,,,

seru juga khan kalow kita punya anime
hehheeee...... hehehehehe...  
jon @ Minggu, 11 Juli 2010 | 10:17 WIB
ok banget
rofik Minggu, 11 Juli 2010 | 10:31 WIB
qw sukaaa banget ma kartoon animasi.soalny asyik buanget sich......... 
   
yulia-ratna Kamis, 15 Juli 2010 | 16:14 WIB
keren banget deh..... 

 CING
yulia-ratna Kamis, 15 Juli 2010 | 16:16 WIB
keren banget 



CING.......
PUTRI NOVI PERTIWI χ Sabtu, 31 Juli 2010 | 13:32 WIB
ich,,,,,lutcu""http://64.131.78.66/__images/smiley/cium.gif""""buangeuut
cheeeee..........
Miochan123 Selasa, 3 Agustus 2010 | 20:33 WIB
judul gambarnya apa sih?   javascript: javascript:
javascript:javascript:javascript:javascript:javascript:javascript:javascript:jav
ascript:javascript:javascript:javajavascript:script:javascript:javascript:
rosita ω Selasa, 10 Agustus 2010 | 17:23 WIB
ikh gak dech...banyak ciumannya tau!!!  
tapi aku kalah suara...  
pornografi!!!  
ahh!!!telaaat!!!  
... 
momo ω Selasa, 10 Agustus 2010 | 17:26 WIB
sinting gila miring rosita itu. 
kozue ω Selasa, 10 Agustus 2010 | 17:27 WIB
te-tenang!!!     
kanazawa ω Selasa, 10 Agustus 2010 | 17:45 WIB
ahh gak ada komentar yg menarik...   
puyeng...   
ihh gak nyambung!   
kita orang indonesia lho!   
jadi harusnya ngomongnya sopan   
ngomongnya kayak gini=   
bukan kayak gini=   
ngertiii!!!   
yah udah dulu,ya!   
dadah...
kimono ω Jumat, 13 Agustus 2010 | 21:47 WIB
*klemer - klemer*argh...      (gak bisa ngomentar...)
    
pecinta manga ω Jumat, 13 Agustus 2010 | 21:55 WIB
aku suka anime!!!  
anu...ada yang bisa gambar komik jepang gak?klo ada aq mau belajar... 

trims bagi para pembaca...! 
james E. ω Jumat, 13 Agustus 2010 | 22:01 WIB
nolong2 aja aku gasuka di tolong 
pecinta manga ω Jumat, 13 Agustus 2010 | 22:05 WIB
peringatan!:apa menurut kalian dia sok namanya??? 
james E. ω Jumat, 13 Agustus 2010 | 22:10 WIB
enak aja ngomong pecinta manga dasar   ini yang ngomentar pada setupid! ya
         becanda
pecinta manga ω Jumat, 13 Agustus 2010 | 22:12 WIB
justru kamu loh yg stupid,masa nulis stupid aja gak bisa...hahahahaha...!!!
    
james E. ω Jumat, 13 Agustus 2010 | 22:14 WIB
enak aja pecinta manga kamu ini awas ya aku bunuh kau ya
pecinta manga ω Jumat, 13 Agustus 2010 | 22:15 WIB
loe nantang ya,hah!!!     
artika dewi Sabtu, 14 Agustus 2010 | 16:05 WIB
komik jepang luchu2 deh
artika dewi Sabtu, 14 Agustus 2010 | 16:06 WIB
luchu ea
artika dewi Sabtu, 14 Agustus 2010 | 16:07 WIB
       anime luchu n cantik2
almira L š Minggu, 15 Agustus 2010 | 08:04 WIB
hahah.. ~ sebab cute bgtt ..  
almira L š Minggu, 15 Agustus 2010 | 08:05 WIB
namanya jg keren" abiez dah.. !      
nia @ Senin, 16 Agustus 2010 | 12:10 WIB
aq cuka buangeeet ma animasi jepang coz oke BUANGEEEEEET!!!!
Adelia Selasa, 17 Agustus 2010 | 13:19 WIB
eeeeeeeeeee
thanty Rabu, 18 Agustus 2010 | 13:26 WIB
yampunnn.....

animasi jepang tuh lucu-lucu bangett ciii..

bwtin aq animasi donk...
zazemmmm Jumat, 20 Agustus 2010 | 08:41 WIB
HU.HU.HU..........
aulia @ Minggu, 22 Agustus 2010 | 15:56 WIB
bagus
shari @ Senin, 23 Agustus 2010 | 19:47 WIB
aku suka banget animasi jepang apa lagi komiknya aq dah pnya banyak komik jepang
aq ja pengen membuat kartun tapi agak susah sih bagi q

hhhhhhheeeeeeeeeeee............
Elsyafahriza š Rabu, 25 Agustus 2010 | 13:46 WIB
Aishiteru....
sugoi,,, anime jepang!!!!!!
hariana restu α Rabu, 25 Agustus 2010 | 21:18 WIB
aku juga suka.....       
nurasih @ Kamis, 26 Agustus 2010 | 16:56 WIB
sEmUa lucu and mnarik
 javascript:    
       
ella chomsah Jumat, 27 Agustus 2010 | 15:18 WIB
idiiieeeeeeeeeecch lucu kaliiiiiii..........................bkn q ktwi nggigrikk
ckckckckckck
indah ariskidatasa Ω Minggu, 29 Agustus 2010 | 04:54 WIB
aku suka banget komik jepang remaja & semua umur contohnya miiko    
     
hahahhahahahaha
nova ¤ Selasa, 31 Agustus 2010 | 11:12 WIB
lestarikan indonesia
mieddtha di blora cah c'prow Jumat, 3 September 2010 | 09:25 WIB
karena, gambar.na baguz" sperti nama pacar saya,,,

hehehehe
:P             
chacha β Jumat, 3 September 2010 | 20:30 WIB
keren n imut abis
Vanessa Þ Minggu, 5 September 2010 | 16:16 WIB
  TETAP DIMAJUKAN MENGGAMBAR ANIMASI JEPANG KARENA ..... bagus bgt
...!! 
syarah © Senin, 6 September 2010 | 10:09 WIB
 nggak bisa ngomentari.....
vigi Senin, 6 September 2010 | 10:13 WIB
 aku benci komik jepang tauuuu!!
RaiNz Ω Senin, 6 September 2010 | 13:25 WIB
I like manga   
Tp g bs gmbr   
skax c lcu"             
pa lg yg sdih    
pa lg y???   
O y klo mslh cnta    Bgus........
pa lg bxk krakter yg d bwt cool       
cb q bs ktemu psti     kren" deh   hehehe   
      mdh"an manga tetp da smpe q bsar y
veriska Selasa, 7 September 2010 | 08:13 WIB
 kartun jepaaaaaaang !!! i love you...!! 
bela Selasa, 7 September 2010 | 12:48 WIB
javascript:                          kartun jepang       javascript:      
javascript: 
faddzila Rabu, 8 September 2010 | 11:29 WIB
I very like it 
veriska Rabu, 8 September 2010 | 12:21 WIB
 SUKA BANGETTTZZZ !!
veriska Rabu, 8 September 2010 | 12:22 WIB
Kharisma Rabu, 8 September 2010 | 12:24 WIB
Lucu,Imut,Ngegemesinnnn.beuddd...          
Vanessa ΠRabu, 8 September 2010 | 12:25 WIB
eh! lebay baget sih ! veriska ! nggak usah sampe segitunya lagi.!!!?  . 
veriska Rabu, 8 September 2010 | 12:27 WIB
bodo ! suka suka.....!   udah ah ! dari pada ribut sama lo mendingan gue
nyerah..... 
Vanessa ΠRabu, 8 September 2010 | 12:31 WIB
yaaah...gitu doanng nyerah...cemen...!!
veriska Rabu, 8 September 2010 | 12:36 WIB
 eh! kalo berantem jangan disini ! kurang ajar banget sih lo ! lo itu
siapa sih ! dan lo ngak punya hak ngatur gue ! jadi lo ngak USAH SOK
NGATUR-NGATUR GUE !!!! LO BUKAN EMAK GUE YA !?
aisaka Kamis, 9 September 2010 | 14:48 WIB
udah udah janggan berantem dong.......  
damai aja yach janggan ada yang marah marah 
aisaka Kamis, 9 September 2010 | 14:52 WIB
aduh rasanya penggen ke jepang nich!!
coba gw adenya Kim Bum....
hahahahahahahaha.....   
ngarep bangget yach?.... 
ADINDAANANTA Sabtu, 11 September 2010 | 19:00 WIB
kartun jepangny swetttttttttttttttttttttttttttttt...  
cilvi choyseawhon ¥ Senin, 13 September 2010 | 11:07 WIB
re dlU q cka Bgt ma aniMASi JEpang... is the bESt
Siti Abidah Alfirdausy Adnani Selasa, 14 September 2010 | 15:05 WIB
Lucu bangggeeettttzzzz!!!!!!!!!!
can χ Selasa, 21 September 2010 | 11:02 WIB
lucu bgt c.........   
key sarange Rabu, 22 September 2010 | 07:57 WIB
eem...noga aja anime jepang tambah keren keren.... 
sellin ¤ Rabu, 22 September 2010 | 18:16 WIB
apalagi yang mahiru's meteor seru bgt...        
  
witri © Kamis, 23 September 2010 | 16:25 WIB
ich lucu2 bget sich animasinya jadi gemes nich 
Diva chng luvr's ω Kamis, 23 September 2010 | 19:13 WIB
 harus ngeliat web nhie .....   Q suka  cma animasi lho
...... !  kalo3 4nima5i jepang gk pernah k'tinggalan lch .....  
gk b'cha ngom0ng lgi dch.... 
Elvira maharani ¥ Kamis, 23 September 2010 | 19:23 WIB
aduhhh....   bnr2  aku bnr2  sama gmbr animasi
ini.................       kalian hrs lyat lebh dri pd nie
kevin @ Jumat, 24 September 2010 | 11:02 WIB
aquw driey dlu cka 5 animasi jepang 
i love animasi jepang            
      
hasbi nur sidik ® Sabtu, 25 September 2010 | 12:57 WIB
jepang memang hebatzzzzzzzzzz 
dienardienardienar Senin, 27 September 2010 | 13:32 WIB
yaaa ampuuung.... anime is my life tauuk....
gag bisa de ninggalin anime n manga....
dienardienardienar Senin, 27 September 2010 | 13:35 WIB
yaaa ampuuung.... anime is my life tauuk....
gag bisa de ninggalin anime n manga....
ray ayukhe wilson ¤ Rabu, 29 September 2010 | 14:01 WIB
i like animasi jepang soal nya keren2
ray ayukhe wilson ¤ Rabu, 29 September 2010 | 14:03 WIB
i like animasi jepang ...lucu2 bngt        keren
abiezzz     
ray ayukhe wilson ¤ Rabu, 29 September 2010 | 14:10 WIB
animasi jepang itu gak ada tandinganya    beribu-ribu animasi
hana animasi jepang is nomber 1      kalo bisa ditambah
lagi animasi yg lucu-lucu biar gak bosan  san san.....     
ivha Rabu, 29 September 2010 | 19:45 WIB
 animasi jepang kembangkan ide idenya truss...................... 
      soalnya animasinya lucu abies...................
edis Kamis, 30 September 2010 | 15:41 WIB
anime & manga seh ga da 2'y pko'y....
  
i like romantic story...  
anya(>.<) ¢ Jumat, 1 Oktober 2010 | 20:20 WIB
memang lucu   unik
JAVA @ Sabtu, 2 Oktober 2010 | 12:53 WIB
          
Ruth Jumat, 8 Oktober 2010 | 10:03 WIB
love anime.. 
Indah insanie nashution α Jumat, 8 Oktober 2010 | 12:25 WIB
Wadohhh,,....ai like it!!!!!!aq suka banget yang namanya comic jepang!!!soalnya
gambarnya lucu2,and yang paling penting ceritanya keren dan seru2..... 
ianz λ Sabtu, 9 Oktober 2010 | 12:59 WIB
licu ikh gmbr.a
neilfio β Minggu, 10 Oktober 2010 | 05:57 WIB
saya ingin gambar in            
egha Senin, 11 Oktober 2010 | 14:52 WIB
animasi jepang gag biza ditandingin
yanti Senin, 11 Oktober 2010 | 19:59 WIB
 i li  ke it  
devi @ Selasa, 12 Oktober 2010 | 16:44 WIB
aku suka bangeeeeeeeeeeeeeeeeettttttttttttttttttttttttttt    
      
aby @ Selasa, 12 Oktober 2010 | 16:49 WIB
animasi jepang tooooooooooooooooopppppp lah.......
Mahdan Syahfutra £ Rabu, 13 Oktober 2010 | 14:42 WIB
Kalau menurut Aku Animasi Jepang sangat menawan sekali karena dari bentukwajah
tokoh yangdi serupakan sangat mirif dan lucu - lucu banget pokoknya....   
   
CIKHA @ Rabu, 13 Oktober 2010 | 15:32 WIB
GW SUKAAAAAAAAAAAAAAAA bngt sm kartun jepang soalnya gambrnya lucu2 dan menarik
najla Sabtu, 16 Oktober 2010 | 15:34 WIB
        
Liza λ Rabu, 20 Oktober 2010 | 11:10 WIB
Lutchhhhhhhhhhhhhhuuuuuuuuuuuuu...           
  
v@neSaArUperEs % Senin, 25 Oktober 2010 | 10:01 WIB
uuuh pOkNya,,, 
sErUuuuHhhh buuuuanggggeeet
rizka σ Selasa, 26 Oktober 2010 | 18:25 WIB
AKUUUU sukka annimasi jepang ..
wwuuuuaa      
Faatin Kamis, 28 Oktober 2010 | 09:54 WIB
I love anime jepang...!!!           
justin α Jumat, 29 Oktober 2010 | 10:47 WIB
wau............
lucu" bgt.........
I love anime japan....
mulyono Minggu, 31 Oktober 2010 | 22:10 WIB
bagus animasix kalo bisa ada yg lain seperti ini
adawiyah @ Senin, 1 November 2010 | 09:23 WIB
good luck yaa , qu sneng bgt am tkoh animasi jepang ..... 
kereeenn abisss
riena Jumat, 5 November 2010 | 15:31 WIB
aq suka banget 
stefany @ Jumat, 5 November 2010 | 19:12 WIB
fari meutuwah ¤ Jumat, 5 November 2010 | 20:52 WIB
uhs....aq suka bnget lho sm animasi jepang. pengen dech aq bisa ngegambar
animasi2 jepang. mau dong diajarin 
steffi Rabu, 10 November 2010 | 08:01 WIB
Aq suka bgdddd.... sma animasi jepang

               Lucu .........lucu.........Hxhxhxhxhx okeeeeeeeeeee 
hotmauli @ Jumat, 12 November 2010 | 14:21 WIB
aq suka bangat sama yang namanya animasi         
karin @ Jumat, 12 November 2010 | 15:34 WIB
gambar anime lebih gampang di gambar...... 
dari sejak kelas dua saja saya bisa menggambar animasi ini karena gambarnya
lucu, unik, dan,,,, saya bisa mengerti maksud dan perasaan tokoh tsb... walaupun
tokoh itu bukan tokoh utama... 


thans, sudah mendengar saran saya ^_^
marry @ Jumat, 12 November 2010 | 15:40 WIB
........
lulu ¤ Selasa, 16 November 2010 | 20:58 WIB
andi Kamis, 18 November 2010 | 19:27 WIB
  anime buat terharu nNe, . . 

kadang2 buat     &   
shezka ® Kamis, 18 November 2010 | 22:36 WIB
anime c'est magnifique.....!!!!
shella Jumat, 19 November 2010 | 13:47 WIB
ih... lebih banyak dongk... gmbrx pliisssssss
shella Sabtu, 20 November 2010 | 19:07 WIB
ok.................:)
qwerty Minggu, 21 November 2010 | 08:03 WIB
lucu.................              
tania Rabu, 24 November 2010 | 14:25 WIB
WOW!!!!!!!!!
  
  
  
I LIKE IT!!!!!!!!
  
  
  
 
tania Rabu, 24 November 2010 | 14:28 WIB
KEREEEENNNNNNN!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
c ucul_phhhhi gojinx abiiiiiz @ Jumat, 26 November 2010 | 14:45 WIB
KEEEEREEEEN bAngEt!!!       
fitRie... Selasa, 30 November 2010 | 08:53 WIB
Emnk.... Krennnnnnnnnnnnnnnnnnn,,,,
anggre £ Selasa, 30 November 2010 | 17:13 WIB
iech.................zeru bgt dech gambaran"a gokil"
coz..............................................     
bita ΠRabu, 15 Desember 2010 | 13:42 WIB
ikh lucu amat ya gemes deh        menurut saya gambar itu bagus
     jadi panasssssssssssssss      api membara   
aku tlp pemadam kebakaran akh   aku menyerah    jadi tersanjung 
  lucu    ehhhehhehe   dadan akhhhhh          
        penasaran yg lain heheheh
uray θ Rabu, 15 Desember 2010 | 13:44 WIB
w mau ngebob buku matematika w sebel deh
uray θ Rabu, 15 Desember 2010 | 13:56 WIB
aku pusing    aku plh dapet 97 loh      ampun pak guru  
 perhatian  animasi ini sangat imut banget dah    
angel £ Rabu, 15 Desember 2010 | 13:57 WIB
aakhhh Malez w hrz belajar keras    di rmh sengsara ini atuh    tpi
klo g dpt nilai ul bgs kga dikasih makan ama Ma w     jdinya harus belajar
meski kga enak Berjuang!!    angel go! angel go!    tpi g belajar jga
gpp kan KS ama temen    pas lgi KSnya sma yg nak pinter aja akh  
biar dpt nilai bagus deh    Serr~    aSek"
angel £ Rabu, 15 Desember 2010 | 14:05 WIB
sayang animasinya g bisa di pke buat FB, Twitter,    Coba aja bisa dah 
 Seneng dah w 
Doppy % Selasa, 21 Desember 2010 | 15:14 WIB
nggak ada uang, mau ngapain ya...?    Oh iya nyolong indomi aja di
warung    indomi ayam bawang   yah ketauan    ya ampun
palanya jenong banget    puyeng dah ni kepala   kabur...
 ngumpet ah, masih ada nggak ya si jenong    yah ketauan deh
sama orang lain   nyamar...   akhirnya selamat juga   hore
nurzafira eriza Kamis, 23 Desember 2010 | 16:27 WIB
lulu Rabu, 29 Desember 2010 | 10:10 WIB
aku suka banget filem filem animasi jepang soalnya bisa melihat macam macam
gambar kartun dan bisa dibuat contoh untuk menggamar animasi ..... pokoknya
KEREN ABIS
lilis Ω Minggu, 9 Januari 2011 | 08:49 WIB
harazuku girl ϒ Senin, 10 Januari 2011 | 16:01 WIB
wah... nanti ak kalo liburan kenaikan kls 2smp ak mw DUEL MAUT Hhaa sama tabita 
 
KETUA VS WAKIL  siapakah yg menang meski Lawan gak ssh ttp berusaha 
Putri β Minggu, 23 Januari 2011 | 15:24 WIB
Keren bngt
frengky ¥ Sabtu, 29 Januari 2011 | 19:15 WIB
wkwkwkwkwkwkkkkkkkkkkkkkkkkkkkk.............................................luth
u luthu....      javascript:
lula Minggu, 30 Januari 2011 | 11:32 WIB
luthuwna.........     
lula Minggu, 30 Januari 2011 | 11:33 WIB
cukha banghet.....!!!!!i like it !!!!
weduss onta ϒ Sabtu, 12 Februari 2011 | 13:30 WIB
:javascript:     :biksu
weduss onta ϒ Sabtu, 12 Februari 2011 | 13:35 WIB
wah aku suka    banget sama yg namanya ANIME Jepang   apalagi
Komik"nya   bagussssssss banget dehh.! coba aja indo pnya animasi
sekeren ini  moga" ada yaa sklian jgn ska Korup yee     
Biar indo maju animenya kyk Jepang   dan Anime jepang memang TOP CERR!
Aini ¢ Sabtu, 12 Februari 2011 | 19:30 WIB
lucu banget au cuuuuuuuuuuuuuuuuka 
abit Sabtu, 12 Februari 2011 | 21:20 WIB
Smt 2 Gampang2    teman2 tw g ? kan pas aku kesekolah Buguru bagiin kertas
Ulangan Mtk sama Fisika pas Dibagiin aku dek2an   tpi pas di suruh maju
ehhh di kertas Ulangan Ku ada Angka 0 nyaa Ternyata itu angka Blakang dan aku
itu sebenrnya dpt 100    Ohh Yess . Trus aku Buru2 Pulang kerumah mw mamerin
Nilai Ulanganku ke Mama dan Papa Trs aku dipuji    abis itu si papa
ngeluarin Uang dri Kantongnya Mana yg Dikeluarin Merah2 Lhoo   I LOVE
MONEY       trs papa ngsih aku bkn 100rb tpi goceng     
  tpi Biarin dehh    walaupun aku kecewa sma papaku trs Aku buka
animasi bergerak aku jadi seneng deh soalnya Animasi ada yg Kyk muka AyahKu
Exemple:
dini apriani Rabu, 16 Februari 2011 | 13:09 WIB
javascript:
ETTY ¥ Senin, 21 Februari 2011 | 16:12 WIB
I LIKE IT        
TEREW ¥ Senin, 21 Februari 2011 | 16:15 WIB
              
arezh λ Jumat, 25 Februari 2011 | 15:44 WIB
animasi.a lucu_lucu na ???? 
arezh λ Jumat, 25 Februari 2011 | 15:44 WIB
animasi.a lucu_lucu na ???? 
zubaidah Jumat, 25 Februari 2011 | 20:15 WIB
animasi yg cuteeeeeeeeee sngt....comei         
  
fira Sabtu, 5 Maret 2011 | 08:56 WIB
maniiisssssssssss n mengemaskan             :
novyu @ Sabtu, 12 Maret 2011 | 08:27 WIB
ihhhhh cuteeeeeeeabeeezzz     
Diah Sabtu, 26 Maret 2011 | 15:55 WIB
mmmm,,,,aq suka bget ama gmbr'a lucu' bget
Diah Sabtu, 26 Maret 2011 | 15:58 WIB
meri ΠSelasa, 12 April 2011 | 10:11 WIB
Sarah Selasa, 19 April 2011 | 17:05 WIB
Ih...luchu......trhbur deh....
momondht š Jumat, 22 April 2011 | 12:40 WIB
akhue suka.... ludthu beudht..
nida © Minggu, 24 April 2011 | 10:48 WIB
LUCU BANGET
bibeee @ Selasa, 26 April 2011 | 20:20 WIB
lucuuuuuuuuuuuuuuuuuu..bangettttttttttttttttt............
ita chan Senin, 9 Mei 2011 | 13:23 WIB
lucccccccccuuuuuuu banget
mau dong kartun jepang di bikin jadi film kan kayanya seru tuh ....
 
Yuki @ Sabtu, 14 Mei 2011 | 20:22 WIB
I Love You, Animasi Japan!!!!!!!!!!             
    
hanifa σ Jumat, 20 Mei 2011 | 11:43 WIB
I lOVE YUUUUUUUUUUUUUUU
fufu χ Sabtu, 21 Mei 2011 | 22:33 WIB
yaaa anima atw manga jpang emang bgus aku suka banget ad yg tw klau mau liat
info tbru ttng anima atw mnga?????????
icha @ Senin, 23 Mei 2011 | 19:02 WIB
I LOVE YOU

:**
ayu @ Minggu, 29 Mei 2011 | 21:14 WIB
animasi jepang keren bangeeet    
pengen bisa bikiiin!!    
haruus biisa     
ella Senin, 30 Mei 2011 | 10:10 WIB
i love animasi jepang topppppppppp          
      
ella ® Senin, 30 Mei 2011 | 10:13 WIB
              
rahma $ Minggu, 5 Juni 2011 | 14:28 WIB
aku suka karena... 
indah dan bagus-bagus pokoke menggemasin....!!!!!
akhma afriandi β Senin, 6 Juni 2011 | 22:07 WIB
aq ska banget dengan nama ny kartun jepang...

coba, indonesia pnya komik seperti d jpangg ya......
n akan q usahakan aq yg mmbwt tokoh komik animasi yg prtama di indonesia

amin 
ckckckckckckckkc

akan q buktikan  suatu saat indonesia bisa mm bwat nya.....
aminnn
(tapi kapan yahhh)


     
sisil ® Jumat, 10 Juni 2011 | 11:52 WIB
sharing ke aqu dunk animasi lcu"x
please .....!!!!!!!!     
indah Jumat, 10 Juni 2011 | 13:54 WIB
hy all                
indah Jumat, 10 Juni 2011 | 13:57 WIB
            
defril @ Sabtu, 11 Juni 2011 | 16:59 WIB
iihh bgus bgt, aku ska bgt sama animasi jepang 
syifa Selasa, 14 Juni 2011 | 13:20 WIB
boleh dong jadi foto pribadi q di facebook   
kuro neko @ Selasa, 14 Juni 2011 | 16:49 WIB
kuro neko @ Selasa, 14 Juni 2011 | 16:52 WIB
ak sk bgt ma anime aku ngefans brt ma ema tooyama ma matsuri hino 
azyra claraina cassabella ω Sabtu, 25 Juni 2011 | 16:58 WIB
wow
   
   
  
   
    
i love jepang...
   
   
   
   
   
aku ngefans banget sama ayumi hamasaki...
   
   
   
   
   
di jepang enak loh... udaranya sejuk kecuali pas salju dingin banget....  
            
i love jepang forever..........!!!!!!!!!!
suri @ Sabtu, 25 Juni 2011 | 19:28 WIB
lucu sekli...................     
isarawi Kamis, 30 Juni 2011 | 19:57 WIB
isarawi Kamis, 30 Juni 2011 | 19:58 WIB
saya harap kartun jepang leih byk d indonesia...
mitsubshi>>>
ikhsan š Kamis, 30 Juni 2011 | 20:02 WIB
kartun indonesia, ga kalh juga loooo....
hahahahahaahahaaa... 
maju indonesia?????
yahya Kamis, 30 Juni 2011 | 20:04 WIB
indoesia itu pati can,,,,
kartunya pad bgus2 semua 
.... maju indonesia?????? pntang mindur!!!
yahya Kamis, 30 Juni 2011 | 20:05 WIB
indoesia itu pati can,,,,
kartunya pad bgus2 semua 
.... maju indonesia?????? pntang mindur!!!
amalia š Senin, 11 Juli 2011 | 09:41 WIB
saia suka duit   
saia suka kamu ilove you      
aku mw cium kamu    sexy         
foto dulu siap" 123 jepret
tak tau % Rabu, 13 Juli 2011 | 18:16 WIB
.........
hello Rabu, 13 Juli 2011 | 18:17 WIB
wek..  ....ihihhihilll       
sita š Kamis, 21 Juli 2011 | 11:56 WIB
hiiiihihihihiiii......
     
mm £ Kamis, 21 Juli 2011 | 20:22 WIB
javascript:javascript:javjavascript:ascript:javascript:javascript:javascript:jav
ascript:javascript:javascript:javascjavascript:ript:javascript:javascript:javjav
ascript:javascript:ascript:javascript:javascript:javjavascript:ascript:
mm £ Kamis, 21 Juli 2011 | 20:23 WIB
javascript:javascript:javascript:javascrijavascript: 
pt:javascript:javascript:javascripjavascript:t
:javascript:javascript:javascript:javjavascript:ascript:
vivi σ Selasa, 26 Juli 2011 | 13:43 WIB
i like it so much
rindi asmara putri ΠKamis, 28 Juli 2011 | 17:32 WIB
film kartun jepang itu makin maju smoga indonesia dpt mencotoh dlm brkrya dan
berinovasi dlm pembuatan animasi kartun
rindi asmara putri ΠKamis, 28 Juli 2011 | 17:37 WIB
GALIH WENING θ Jumat, 29 Juli 2011 | 09:25 WIB
galuh @ Jumat, 29 Juli 2011 | 15:38 WIB
cinta ityu gg bisa di permainkan
fitri Rabu, 3 Agustus 2011 | 12:55 WIB
aku suka kartun jepang ,.  

 jadi aku, ketularand pengen bisa ngegambar manga,..    
 
 ngga' sukanya dr kartun jepang banyak ciumannyaaa..     
nadhirah offside Þ Jumat, 26 Agustus 2011 | 00:23 WIB
aku suka karena memang suka bacanya !!!    

keren    

seru and heboh ceritanya     

bikin penasaran orang !!     

menegangkan !!    

klo udah sedih ceritanya menyentuh bgt !!    

ANIME JEPANG IS TOP BGT    

I LOVE ANIME
nedania £ Minggu, 28 Agustus 2011 | 13:46 WIB
aku suka dech he........
nedania £ Minggu, 28 Agustus 2011 | 13:47 WIB
anggun finisya Minggu, 28 Agustus 2011 | 13:50 WIB
iah........... , aku suka neranti cantik banget matanya    aku pengen
fhoto fhoto loh  aku bisa kok 
wulandari @ Sabtu, 10 September 2011 | 11:18 WIB
ROSALIA Sabtu, 10 September 2011 | 16:40 WIB
I LOVE ANIMASI JEPANG 
ANIMASI JEPANG IS THE BEST DECH
CIIIIEEEEEEEEEEE !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
SMOGA INDONESIA POENYA ANIMASI YANG LEBIH KERAN YAAA
OOOOKKKKKKEEEEEEEEEEE  !!!!!!!!!!!!!!!!!!
ROSALIA WINDA P Sabtu, 10 September 2011 | 16:44 WIB
MENGAPA ANIMASI INDONESIA BELUM BERKEMBANG 
 
AYO DUONG INDONESIA BERKEMBANG JADI YANG BAIK,LEBIH BAIK,DAN TERBAIK OK 
bela Sabtu, 1 Oktober 2011 | 16:56 WIB
indonesia kpn buat animasi seperti jepang
Dahlia ^^, χ Sabtu, 1 Oktober 2011 | 21:08 WIB
iihhh,, anime jepang tuh emang kerenn bgt,     
kalo sekali baca bisa ampe lupa waktu tauu, serasa terhipnotis,    

cintaaaa dehh sama anime jepang
huhuhuhu  
  
 
HARUN γ Kamis, 6 Oktober 2011 | 13:29 WIB
animasi korea kren
lily @ Minggu, 16 Oktober 2011 | 16:06 WIB
rose @ Minggu, 16 Oktober 2011 | 16:10 WIB
@#$$%#$@#$#%$^T$#%#$$#$%$%$$$%$%$$@$@$$!!!!




kapan indonesia dapat bikin animasi seperti jepang
aisyah ukminah σ Selasa, 18 Oktober 2011 | 19:52 WIB
I LOVE ANIMASI JEPANG
cacsa Jumat, 21 Oktober 2011 | 11:38 WIB
helmy š Jumat, 21 Oktober 2011 | 11:40 WIB
afni anggraini ω Senin, 24 Oktober 2011 | 17:29 WIB
Dini Jumat, 4 November 2011 | 20:57 WIB
Bagggggggggggggggggggggggggggggggggus 
harlina ¥ Selasa, 8 November 2011 | 19:40 WIB
kezia natasya ϒ Rabu, 23 November 2011 | 14:37 WIB
kezia natasya ϒ Rabu, 23 November 2011 | 14:38 WIB
yyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeee
eeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeee
bbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbbaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaggggggggggggggggggggg
gggguuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuussssssssssssssssssssssss
FiRuz Sabtu, 26 November 2011 | 21:55 WIB
 
emang Beneer tuh   
kaPan aNimasi Indonesia bisaa popuLer ?        
delvii γ Minggu, 15 Januari 2012 | 22:13 WIB
devi amalia ® Minggu, 11 Maret 2012 | 14:46 WIB
uhhhhhhhhhhhhhhh cantik bgt y foto2 ny aku jdi mw dech
devi amalia ® Minggu, 11 Maret 2012 | 14:46 WIB
uhhhhhhhhhhhhhhh cantik bgt y foto2 ny aku jdi mw dech
devi amalia ® Minggu, 11 Maret 2012 | 14:47 WIB
cantik cantikkkkkkkkkkkkkkkkk
zieyrah ¤ Minggu, 11 Maret 2012 | 21:13 WIB
hye you all !! 
indah ® Jumat, 6 April 2012 | 09:45 WIB
wa like it
indah ® Jumat, 6 April 2012 | 09:49 WIB
hihihi
skyla β Sabtu, 28 April 2012 | 13:26 WIB
enak ya belajar gambar komik jepang
ValentJJ @ Rabu, 23 Mei 2012 | 11:43 WIB
Yup, anime jepang emang seru abis..   masih inget dech dulu lo tiap hari
Minggu dari pagi udah nongkrongin TV bt nton anime Jepang... Asikkkkk...
Hmmm tapi sayang sekarang udah mulai jarang... padahal aku suka banget sama
anime'na.. kangen dech pengen nton lagi  
tiana Selasa, 5 Juni 2012 | 16:06 WIB
Yup, anime jepang emang seru abis..     masih inget dech dulu lo tiap
hari
Minggu dari pagi udah nongkrongin TV bt nton anime Jepang... Asikkkkk...
Hmmm tapi sayang sekarang udah mulai jarang... padahal aku suka banget sama


anime'na.. kangen dech pengen nton lagi   
ainin faizah Rabu, 27 Juni 2012 | 07:52 WIB
Indonesia-Jepang,,,,
ganbatte kudasai both of them,,,,,
natasya pearl Rabu, 4 Juli 2012 | 09:35 WIB
gaul animasinya
bagus,lucu,,,,,,,,,,,,,,,,,,,
              
cassandra anastasya (jihan) @ Sabtu, 21 Juli 2012 | 16:17 WIB
lucu sich
lia Selasa, 24 Juli 2012 | 11:09 WIB
culu abhiiiszzz
             
amira Jumat, 27 Juli 2012 | 21:41 WIB
k rennnzzzzzzzzzz
abeezzzzzzzzz
kartun  @           
Raissa ¢ Kamis, 2 Agustus 2012 | 20:59 WIB
Mendingan anime jepang gini ! dari pada fil korea2 !! gk bermutu  
  
bashirah sajidah ¥ Selasa, 14 Agustus 2012 | 06:08 WIB
aku sedang2 sichsukanya !!!!!         omg   
tika Selasa, 14 Agustus 2012 | 20:21 WIB
tika Selasa, 14 Agustus 2012 | 20:32 WIB
iiih lucu - lucu   banget gambar kartunnya 
arsya alifnadya Sabtu, 18 Agustus 2012 | 19:04 WIB
wahhhhhhhhh tambah trus animasanyA  
Ica-chan Sabtu, 25 Agustus 2012 | 20:40 WIB
kpn y, Indonesia bsa bikin Anime kyk Jepang?

├Ćndonesia hrus trs berjuuuuuaaaannngg. ┬žemangat!!!   
Tyara @ Sabtu, 15 September 2012 | 19:27 WIB
hebat..   
adis Senin, 17 September 2012 | 08:54 WIB
orang tolol yg suka dngn khayalan yg nyata aj blm bener sok pula nak ngayal"...
taiiiiikkkkkkkkkkk,,,,
adis Senin, 17 September 2012 | 08:54 WIB
anjink
DINDA IMUT Minggu, 28 Oktober 2012 | 13:59 WIB
MSK SIIICH
DINDA IMUT Minggu, 28 Oktober 2012 | 14:01 WIB
MSK SIIICH
nurhalimah Ω Senin, 12 November 2012 | 09:07 WIB
thanks ya 
I like it     
nurhalimah Ω Senin, 12 November 2012 | 09:08 WIB
terus sukses ya! 
I like it     
nurhalimah Ω Senin, 12 November 2012 | 09:08 WIB
sukses terus ya!
Ao-chan % Sabtu, 24 November 2012 | 15:47 WIB
I LOVE ANIME AND MANGA FOREVER ALWAYS..    
MANGA IS THE BEST..   


TERUS DUKUNG ANIME dan MANGA di INDONESIA, YYYAAAAAA !!!!!!!!!!!!!!!!!
     
hani Rohana $ Jumat, 30 November 2012 | 19:16 WIB
wanna i tobe love japannese comic,i lovethat ang get i big people i want look a
comic go generation   
hanny cantik Senin, 24 Desember 2012 | 11:33 WIB
ihhhhh cantik bgt kaya aku uuuuuuuuuuuu unyu unyu
Fitri Titi Retweety ¤ Kamis, 3 Januari 2013 | 21:42 WIB
unyu unyu....=)
Fitri Titi Retweety ¤ Kamis, 3 Januari 2013 | 21:43 WIB
unyu unyu.........=) 
chika @ Senin, 7 Januari 2013 | 21:41 WIB
hay semua liat aku      
aku hnya ingin kalian tahu bahwa,, 
aku hnya png blng klo aku ngefens sama anime   
tapi  
aku jga pngeng klian tahu kalo,,,kalo,,,    
gue jga suka sama komiknya 
shakyryuga © Kamis, 10 Januari 2013 | 20:18 WIB
shakyryuga © Kamis, 10 Januari 2013 | 20:18 WIB
   q marah
Asane Kuro ¥ Minggu, 27 Januari 2013 | 19:09 WIB
Anime jepang emang manteb, like it dah!!
yeyen θ Rabu, 13 Februari 2013 | 19:03 WIB
hahahahaha bagus
Angelina Paat @ Senin, 11 Maret 2013 | 06:05 WIB
saya suka anime gambarnya juga lucu banget :) 
   sampe udah ngefens deh aku    tapi cantik dan ganteng banget 
  tapi jalan terus    bingung banget    tapi aku gak suka
yang namanya    tapi aku terus mengejar bintang    tapi aku selalu 
  tapi kusuka dia    tamat dehc
Asly thourstday @ Senin, 11 Maret 2013 | 06:16 WIB
hay I Asly Artists High School Musical movie player samaranku name Sherpay Efens
Asly my real name ....
I really like the same anime .... sampe anime comics until I was almost too full
of the closet ...
                 look
this ....
Anime @ Senin, 11 Maret 2013 | 06:19 WIB
thank for you coment .. 
Cha sie baweell toodaak @ Senin, 15 April 2013 | 14:21 WIB
anime jepang siip oke banget dah,gag bnding sma anime laen..   

pgen jadi model anime..    

gmna ya cara buat film anime..  
kurnia Rabu, 1 Mei 2013 | 15:09 WIB
gara2 sering nonton anime jepang jadi pengen ke jepang..  

anime jepang juga lucu.. 
Mau komentar? Tinggalkan pesan:  
Nama:  
Website:  
Email:  
Nomor HP:  
Pesan:  
Nama tokoh wayang:  gatot
 


Copyright © 2014 Jepang   |   Sitemap   About   Privacy   Contact